Pengalaman ACM/ICPC 2008

Setiap tahun ICPC (International Collegiate Programming Contest), yaitu kontes pemrograman komputer untuk mahasiswa diselenggarakan dibawah dukungan ACM (Association for Computing Machinery).
Kontes ini diadakan di tingkat regional benua, dimana para pemenang dari tingkat regional akan lolos ke kontes tingkat dunia pada ICPC World Finals.
Tahun ini BINUS UNIVERSITY akan menjadi salah satu penyelenggara ACM-ICPC tingkat regional Asia di Jakarta.
Sebagai ajang persiapan bagi perguruan tinggi di Indonesia untuk mengikuti kontes tersebut, HIMPUNAN MAHASISWA TEKNIK INFORMATIKA (HIMTI) BINA NUSANTARA UNIVERSITY mengadakan perlombaan ACM-ICPC INDONESIA NATIONAL CONTEST 2008.

hari minggu 1 juni kemarin adalah hari yang menegangkan dan hari yang kami nanti-nantikan. why??? karena hari itu adalah hari penyisihan lomba pemrograman ACM/ICPC 2008 yang diselenggarakan oleh BINUS. Dibabak penyisihan ini diikuti oleh lebih dari 150 tim dari berbagai Universitas dan bagi yang 50 tim yang mampu mendapatkan nilai tertinggi akan masuk keputaran final. ini adalah kali keduanya saya ikut lomba ini. yang pertama kali (ACM/ICPC 2007) kelompok kami gagal total. Dari 5 soal yang diberikan oleh juri, tidak satupun soal yang berhasil kami selesaikan. kami pun terima hasil ini dengan lapang dada dan kami anggap sebagai pengalaman kami. Pengalaman adalah guru yang paling baik. kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. (he,,,biasalah Filofosi untuk menyenangkan diri sendiri. klo dipikir2 Sapa juga yang mao mempunyai pengalaman yang tidak menyenangkan. siapa juga yang mao gagal. iyak gak??)

setelah bertapa satu tahun(cie,,,kayak belajar kungfu aja) kami putuskan untuk ikut lagi ACM/ICPC 2008. dan akhirnya untuk yang kedua kali ini membuahkan hasil. dari lima soal yang diberikan, kami mampu menyelesaikan 2 soal (berkat jurus2 yang telah kami pelajari waktu bertapa–> jurus naga membelah lautan). dan akhirnya kami berhasil masuk ke putaran final yang akan diselenggarakan tanggal 15 juni besok. semoga diputaran final nanti kami bisa berhasil juga.  AMIN,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, 

 

Advertisements

10 Responses

  1. Congrats ya ^^, sampai bertemu di Final nanti.

  2. Fiuh,, berarti aku harus bertapa dulu (setidaknya 1 tahun) ya Kak..??

  3. @Timo
    sampai bertemu difinal juga.
    wow,,,skor klmpok kamu pling tinggi ni.

  4. @elisabethkurniaw
    he,,,,gak juga. yg pnting sering latihan aja. U pasti bisa lah.
    tahun depan coba lagi.

  5. @Ng Elyi Junaidi:
    Iya, kebetulan dewi fortuna lagi ada deket saya ^^. Moga2 pas final dewi fortunanya dateng lagi :p.

  6. @Timo :
    Tar klo dewi fortuna ketempatmu, suruh dia-nya singgah ketempatku juga y. he,,,,,
    Timo punya referensi soal acm icpc beserta jawabanya gak ?

  7. @Ng Elyi Junaidi:
    Yang ada soal + jawabannya ngga punya, tapi kalo kumpulan soal + grader ada beberapa referensi seperti berikut :
    acm.tju.edu.cn
    acm.pku.edu.cn
    acm.zju.edu.cn
    spoj.sphere.pl
    icpcres.ecs.baylor.edu/onlinejudge/

  8. @Timo :
    Terima kasih atas informasinya.

  9. wah hebat mas, saya harus berguru nih, tahun ini pertama kalinya saya ikut dan langsung asia regional . . .
    doakan saya ya,,^_^

    • @ferdiansyah : wah… jadi kamu yang pernah diceritain Pak Suhendry?
      😀
      pak Suhendry ngajar di kelas saya dan membuka foto2 saat ACM 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: